Beranda Artikel 6 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Gendongan Bayi

6 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Gendongan Bayi

hanaroo.my.id – Pada tulisan ini kami akan membahas tentang tips apa saja yang harus diperhatikan, ketika memilih gendongan bayi. Sebelum memulai pembahasan pada inti dari topik artikel ini. Terlebih dahulu kami mengucapkan selamat kepada ayah dan bunda, atas kelahiran buah hati tercinta. Atau kepada ayah dan bunda yang sedang menanti kelahiran buah hati tercinta. Semoga sehat, dan selalu dalam lindungan Allah, diberikan kebagikan dan kesabaran ketika mendampingi dan menanganinya.

Ketika sikecil buah hati lahir, tentu banyak hal yang kita lakukan. Mulai dari rutinitas mengganti popok, mengganti bedong, memandikan, membersihkan pup-nya dan lain sebagainya. Rutinitas lainnya adalah menggendong. Karena ini menjadi kebutuhan yang dan sudah menjadi fitrah bagi kita menggendong anayi yang bayi lahir. Bahkan sampai usia 3 atau 4 tahunan anak masih suka di gendong.

Banyak manfaat dari menggendong anak ini, antara lain untuk membangun bonding antara anak dan ayah bunda, sebab ketika ayah bunda menggendong, terjadi kontak tubuh dengan kedekatan yang intens. Bayi dapat merasakan detak jantung orang tua yang menggendong, ini seakan-akan sama ketika bayi di dalam kandungan yang selama 24 jam. Selalu merasa kedekatan dengan detak jantung bunda. Kedekatan antara ayah dan bunda sangat dibutuhkan oleh anak untuk membangun kepercayaaan diri anak  dan anak akan merasa disayangi.

Namun masalahnya ketika mengggendong, kita akan merasa pegal, dan kadang kita bingung bagai mana memilih gendongan yang aman dan nyaman bagi buah hati kita, atau memilih gendongan yang memiliki model yang kekinian, bisa pede di gunakan di public area. Karena menggendong bayi identik adalah Bunda, maka style gendongan yang digunakan ayah dapat menggunakan gendongan yang trendy, meskipun tidak ada salahnya memilih gendongan bayi dengan menggunakan gendongan yang biasa.

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Gendongan Bayi?

Maka dalam artikel ini kami berusaha berbagi bagimana memilih gendongan bayi yang baik. Ada banyak pilihan model gendongan bayi, daru mulai yang sling, wrap, simple, kain jarit dan sebagainya. Setiap model gendongan memiliki kelabihan dan keunikan masing masing. Tidak bisa mengatakan ini yang paling bagus, dan yang lain tidak. Memilih gendongan bayi apapun, kita harus memperhatikan dulu beberapa hal yang harus kita perhatkan ketika memilih gendongan bayi, antara lain sebagai berikut:

memilih gendongan bayi untuk new born

  1. Memilih gendongan yang aman

Faktor keamanan ini sangat  penting untuk diperhatikan, ketika memilih gendongan bayi. Jangan sampai ketika kita menggendong bayi, bayi merasakan sakit atau bahkan lebih dari, itu dapat menyebabkan cedera pada bayi.

Jangan sampai juga posisi menggendong bayi yang kita lakukan menghambat atau memberikan efek yang tidak baik terhadap pertumbuhan anak, sehingga bisa saja ada cedera yang dialami anak.

Memang mungkin tidak terlihat langsung secara kasat mata. Tetapi jika hal ini terjadi dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Oleh karena itu faktor keamanan menjadi hal penting ketika kita memilih gendongan bayi.

memilih gendongan bayi an Bayi anti Pegal Aman dan Nyaman
Hanaroo Babywrap Gendongan Bayi anti Pegal digunakan artis
  1. Memilih gendongan yang nyaman

Kenyamanan ini tentu menjadi perhatian yang serius juga. Kenyamanan bagi bayi yang kita gendong, juga kenyamanan bagi kita yang menggendong. Bayi yang merasa nyaman akan mungkin mudah terlelap tidur, tenang.

Tetapi jika bayi yang kita gendong tidak nyaman, akan cendrung tidak tenang. Jangankan terlelap tidur, bayi akan rewel dan banyak menangis. Tentu ini merupakan respon bayi yang bias diungkapkan. Maka kita sebagai orang tua yang menggendong harus pandai-pandai merasakan. Apakah cara atau model gendongan yang kita gunakan, sudah merupakan gendongan yang nyaman atau tidak.

Dari segi bahan gendongan, apakah bahan yang digunakan merupakan bahan yang adem, lentur, lembut, atau bahan yang kasar, kaku. Sehingga menimbulkan rasa panas, gerah atau bahkan menggores kulit anak. Maka beberapa tulisan, menganjurkan kita ketika memilih gendongan bayi. Utamakan memilih gendongan yang original tidak palsu atau asal memilih gendongan. Sehingga kualitas gendongan bayi, terjamin keaslian dan kenyamanannya.

Kenyamanan dan keamanan ketika menggendong bayi dapat dirasakan oleh Buahati Ayah dan Bunda.

memilih gendongan bayi untuk new born Aman dan Nyaman
Gendongan Bayi Anti Pegal Aman dan Nyaman
  1. Memilih gendongan yang anti pegal

Menjadi fitrah anak-anak memang suka di gendong oleh orang tuanya. Walaupun ada istilah oleh sebgian orang tua yang mengatakan, “jangan sering-seiring di gending”, nanti “bau tangan”, artinya kebiasaan di gendong sehingga sedikit-sedkitit minta di gendong.

Ini merupakan mitos yang memang sering kita dengar, satu sisi kita tidak perlu juga membantah  pernyataaan ini, yang notabene sering datang dari orang tua, atau kebiasaan yang sering kita dengar di masyarakat. Disisi lain juga kita hrus realistis ketiak menyingapinya.

Ya, yang namanya anak ketika meminta di gendong, karena memang fitrah manusia. Walaupun kita disarankan untuk tidak terlalu memanjakan anak sejak usia dini. Sebab ini memang tidak baik, bagi pertubuhan si buah kati kita kelak. Atau dari sisi manfaat yakan banyak sekali ketika kita menggendng bayi.

Nah, kendalanya ketika menggendong bayi ini, kita akan merasakan pegal apalagi jika intensitas kita menggendong, dalam masa yang reatif lama. Maka perlu dipilih gendingan yang di desain untuk mengurangi rasa pegal, yang akan disarakan orang tua ketika menggendong anaknya.

Penyebab pegal yang dirasakan, ketika menggendong bayi antara lain disebabkan karena tumpuan beban ketika menggendong tertumpu pada satu titik, biasanya pundak, sebalah kanan atau kiri. Maka desain gendongan yang baik dapat mendesain tumpuan beban berat pada titik titik tumpuan yang lebih menyebar.

Ini antara lain temuan yang telah diteliti oleh beberapa model gendongan, sebagi alternative antara lain yang kami rekomendasikan gendongan bayi anti pegal hanaroo babywrap atau pun simple wrap.

memilih gendongan bayi anti Pegal Aman dan Nyaman

  1. Usia Bayi.

Usia bayi ini juga sangat perlu untuk diperhatikan. Terlebih bayi yang baru lahir atau kita menyebutnya baby newborn. Jika bayi yang sudah bisa bicara, akan berekaksi jika cara menggendong yang dilakukan orang tuanya salah, aatu si buah hati merasa kesakitan.

Berbeda dengan bayi yang baru lahir, akan cenderung diam saja, atau hanya menangis. Nah tentu kita harus memilkirkan bagaimana caranya menggendong bayi yang baru lahir ini bisa digendong dengan baik.

Mengggendong bayi yang baru lahir ini menjadi topic yang memang sering ditanyakan oleh para orang tua yang baru mendapaknan buah hatinya tercinta. Menurut bebrapa sumber, ada memerapa tips memang yang harus diperhatikan, antara lain, bayi yang memiliki struktur tubuh atau tulang punggung yang berbeda pada semua tingkatan usianya, sesuai dengan pertumbuhannya tulang punggung si baby akan berubah, nah ketika menggendong bayi, jangan sampai kita merubah struktur tulang punggung si baby.

Maka banyak sumber yang merekomendasikan ketika menggendong bayi, menggunakan model gendongan yang bisa memposisikan bayi ketia menggendong dengan posisi M-Shape. Ketika menggendong dengan model M-Shape ini, yang perlu diperhatikan, bahwa punggung bayi tidak dipaksa lurus, tepati dinamis bisa melengkung sesuai dengan struktur tubuh punggung bayi, kaki dibiarkan menuntai, dan pantat si bayi dibiarkan tanpa penyangga yang statis.

Ini diharapkan  tulang kaki atau paha si bayi tidak mendapatan kontraksi ketika di gendong, karena karena khawatirnya akan mengganggu pertumbuhan struktur tulang si baby.

memilih gendongan bayi

  1. Memilih gendongan yang trendy, modern dan kekinian.

Selain kebutuhan menggendong bayi yang dibutuhkan oleh bayi dan  orang tua. Kenapa dikatakan kebutuhan bayi dan orang tua. Ini karena bayi ingin di gendong, kemudian orang tua juga haru membangun kedekatan dengan bayi baik secara fisik maupun kejiwaannya.

Bahwa anak akan merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Nah selain itu, pada masa sekarng teknologi  alat menggendong bayi memang di desain dengan model yang beragam, kta bisa memilih model yang banyak dan variatif. Ini tentu sebagai bahan yang bisa kita pilih ketika memilih gendongan bayi, karena bukan hanya kebutuhan, tapi juga soal kepantasan ketika kita memilih gendongan, bisa tampil lebih percaya diri ketika menggendong bayi di hadapan umum, atau di public area.

Ya tentu bukan hanya soal model yang trendi, kekinian atau modern, terlebih karena kenyamana dan keamanan gendonga bayi, bagi bayi dan juga bagi kita sebagai orang tua ketika menggendong bayi. Apalagi menggendng bukan hanya dilakkan oleh Bunda, tapi juga dilakukan oleh ayah. Tentu alangkah lebih baiknya jika gendongan yang digunakan memiliki style yang trendi supaya lebih pede terlihat di muka umum.

Hanaroo Babywrap Gendongan Bayi anti Pegal bisa sambil nyetir motor
Bisa Sambil Nyetir Motor
  1. Mobilitas ketika menggendong bayi

Ketik bayi menangis minta di gendong kadang memang tidak melihat situasi dan kondisi, atau kita memerlukan cara menggendong bayi pada situasi situasi yang sulit. Ambil contoh bagaimana cara menggendong yang aman ketika kita memabawa kendaraan roda dua, baik sepeda atau  motor, supaya kita dan bayi yang di gending amakan merasa nyaman. Atau menggendong sambil melaksanakan aktivias harian entah ketika menjemu ka pakain tau aktivitas lain yang dilakukan di keseharian ayah dan bunda, tentu ini yang perlu juga kita perhatikan.

Demikian tips yang dapat kami sampaikan dalam tulisan ini, semoga bermanfaat bagi ayah dan bunda. Jika ada kritik dan saran silahkan berikan masukan kami akan sangat senang jika ayah dan bunda memberikan komentar pada tulisan ini. Atau jika bermanfaat dan ingin agar orang lain juga mendapatkan manfaat dari informasi ini, silahkan share ke berbagai sosial media.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.