Beranda Perawatan Bayi Kapan Usia Bayi Boleh Menggunakan Gendongan Kangguru? Ini jawabannya.

Kapan Usia Bayi Boleh Menggunakan Gendongan Kangguru? Ini jawabannya.

Sebagai orang tua yang baru pertama kali mendapatkan buah hati, tentu kita masih harus banyak belajar. Diantaranya cara menggendong bayi. Cara menggendong memiliki variasi yang banyak sekali, variasi itu banyak tujuan dan manfaatnya, diantaranya supaya tidak cepat pegal ketika menggendong bayi. Atau juga memberikan kenyamanan bagi bayi yang kita gendong.

Salah satu teknik menggendong supaya tidak cepat pegal adalah menggunakan gendongan gayi anti pegal hanaroo. Namun masih banyak pertanyaan mengenai kapan usia sudah diperbolehkan menggunakan hendongan model kanguru ini? Apakah beda cara menggendong bayi laki laki dan perempuan? Pertanyaan pertanyaan semacam ini sering kali terlontar.

Merujuk pada penjelasan dr. Irna Cecilia dari ala dokter. Menurut beliau Gendongan kangguru atau gendongan depan bisa bermacam-macam ragam jenisnya.

Bahkan beberapa jenis gendongan kangguru bahkan bisa digunakan untuk menggendong bayi baru lahir. Hal yang perlu diperhatikan ketika menggendong bayi adalah apakah gendongan tersebut dapat memfasilitasi posisi kaki bayi atau tidak. Kemudian yang perlu diperhatikan juga adalah posisi kepala bayi ketika digendong, yang perlu penopang kepala si bayi.

“Hal yang penting untuk anda perhatikan dalam memilih gendongan kangguru adalah apakah gendongan tersebut dapat memfasilitasi posisi kaki yang aman bagi bayi. Bila anda hendak menggendong bayi kecil atau bayi yang belum tegak kepalanya, anda juga perlu memperhatikan apakah gendongan tersebut memiliki sanggahan kepala atau tidak.” Tandasnya.

Mengenai jenis kelamin tidak menentukan kapan bayi boleh menggunakan gendongan kangguru, atau tidak.
Adapun posisi normal dan sehat untuk kaki bayi adalah posisi seperti kodok, yaitu posisi dimana kedua kaki membuka secara natural dengan pangkal paha dan lulut yang menekuk.

Memaksa kedua kaki bayi menutup dan meluruskan kaki bayi justru merupakan hal yang dapat menyebabkan gangguan pada tulang bayi, sehingga menggendong bayi seharusnya dalam posisi kaki terbuka. Namun perlu diperhatikan bila kaki bayi belum bisa membuka lebar, sebaiknya jangan dipaksa untuk membuka lebar. Perhatikanlah kenyamanan bayi anda saat digendong.

Posisi gendongan yang tidak sehat

Posisi gendongan yang sehat

Posisi gendongan yang sehat

Posisi gendongan yang tidak sehat

Posisi kaki bayi yang sehat

Posisi kaki bayi yang tidak sehat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.